Rencana Pembangunan Objek Wisata

BANGKALAN – Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) menyiapkan lahan seluas 15,9 hektar. Lahan tersebut akan diperuntukkan untuk pembangunan kawasan wisata pesisir, yang berdasarkan rencana akan diletakkan di Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan.

Humas BPWS Faisal Yasir, menyatakan, konsep wisata pesisir akan dibangun berdekatan dengan kawasan kaki jembatan Suramadu sisi Pulau Madura. Diperkirakan, kawasan wisata air seluas puluhan hektar tersebut, diprediksi akan dibangun pada tahun 2012 mendatang.

“Tujuan dari pembangunan wisata air tersebut, khususnya dalam rangka memicu pertumbuhan ekonomi di Pulau Madura,” katanya.

Faisal menjelaskan, dengan dibangunnya kawasan wisata pesisir tersebut, diharapkan bisa dapat menarik investor, khususnya di kaki jembatan Suramadu sisi Pulau Madura. Di sisi lain, sebagai gerbang penerima barang dari Pulau Jawa (Surabaya) menuju Madura.

Pembangunan kawasan wisata pesisir, menurutnya, juga dapat mendorong pengembangan sektor pariwisata kabupaten Bangkalan. Nantinya, berbagai fasilitas akan dibangun di kawasan tersebut, seperti arena untuk karapan sapi, cagar budaya, museum, masjid sejarah, kuburan tua, pasar seni dan oleh-oleh/kerajinan serta gedung serbaguna.

“Saat ini, kami sudah menyiapkan studi AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan) atas proyek tersebut,” ungkap Faisal.

Selain rencana pembangunan kawasan wisata pesisir. Faizal menambahkan, pihaknya juga akan membangun ruang terbuka hijau (RTH). Kawasan tersebut, rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 4,8 hektar, yang kemungkinan akan ditempatkan di lokasi yang sama.

“Jadi akan ada lahan seluas 20,7 hektare, untuk dua kawasan tersebut. yang dalam waktu dekat akan segera dibangun,” urainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s